Update, Berguru Iot Dengan Arduino Untuk Pemula [Internet Of Things]

FAST DOWNLOADads
Download
 Ini Akan terkesan sedikit melenceng dari tema android maupun smartphone dengan menciptakan ar Update, Belajar iot dengan arduino Untuk Pemula [Internet of Things]

Mengenal IoT dan Arduino 

IME android - Ini Akan terkesan sedikit melenceng dari tema android maupun smartphone dengan menciptakan artikel wacana berguru IoT arduino.Artikel ini menjadi slah satu catatan penting untuk saya langsung untuk mengenal dan berguru IoT.

Bagi anda yang gres mendengar dengan kata Arduino Atau IoT mungkin nasing sehingga terkesan bahwa ini tidak ada korelasinya dengan smartphone dan android.

Saya kira kurang sempurna kalau anda menganggap bahwa IoT dengan arduino tidak mempunyai hubungan dengan smartphone,pasalnya ini akan sangat akrab sekali mempunyai hubungan dengan dunia internet ,samartphone.

Ini mungkin catatan awal artikel wacana pembelajaran IoT bagi saya,hal ini saya katakan sekali lagi bukan alasannya yakni saya mahir dalam pemprograman arduino dan mengenai IoT melainkan menjadi sebuah catatan Ilmu yang ingin saya pelajari dan saya bagikan supaya kita sama sama berguru dan siap menghadapai kurun digital dan IoT.

Sebelum kita lanjutkan ke yang lebih jauh mari kita bahas setiap stepnya supaya kita mempunyai presepsi yang sama..

Apa itu IoT ,Kok Susah di sebutnya..

Internet of Thing ,ya merupakan kepanjangan dari IoT yang Ahir Ahir ini sering muncul menjadi salah satu pembahasan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi .


Pengertian IoT.

Kita lanjutkan lebih dalam untuk mengenal dari pengertian IoT terlebih dulu alasannya yakni pembahasan wacana ini akan panjang serta pembelajarannya juga tidak sebentar. 

Internet of Thing awalnya di sarankan oleh Kevin asthon melalui Auto-ID Center di MIT sebuah institusi riset swasta dan universitas di Amerika (Tentang MIT).

Sedangkan pengertian dari IoT sendiri merupakan sebuah konsep dengan memilki tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang terhubung secara terus menerus  ibarat sanggup kita saksikan ketika ini smartphone yang bisa di katakan tidak putus dengan internet.

Namun dalam hal ini kita sanggup mengartikan lebih dalam lagi yaitu menghubungkan / mengembangkan data dengan benda dalam dunia kasatmata sehingga kita sanggup mengontrol benda benda apa saja ibarat ,bahan pangan,peralatan kerja,listrik,koleksi,elektronik yang akan kita hubungkan dengan jaringan lokal maupun global melalui sensor yang di tanamkan dan selalu aktif.
 Ini Akan terkesan sedikit melenceng dari tema android maupun smartphone dengan menciptakan ar Update, Belajar iot dengan arduino Untuk Pemula [Internet of Things]
Belajar IoT

Apa yang anda pikirkan?

Entahlah apa yang saya pikirkan juga sehabis kita mencoba mengenali dari konsep dasar IoT. IoT sendiri intinya mengacu pada benda yang bisa di identifikasi kan secara unik dan di representasi kan virtual dalam struktur yang berbasis internet.

Saat ini sudah banyak pola dari produk IoT yang sanggup anda ambil ibarat ,mengontrol CCTV Melalui hp android,menyalakan lampu ,kontrol rumah jarak jauh dan masih banyak lagi sehingga sedemikian rupa kita sanggup mengontrol dari benda yang ada dalam dunia kasatmata melalui internet.

Is this really!? Yes that of course you wana try ..

Nah loh,ngomong apa itu..namun dalam hal ini untuk menghubungkan dari benda benda tersebut maka akan membutuhkan sebuah alat yang salah satunya yakni arduino. 

Oh..arduino,.. 
Tidak.semudah itu kita beli arduino kemudian tempelkan dengan benda yang akan kita hubungkan dengan internet melainkan ada beberapa tahapan dalam IoT,sebaiknya mari kita k jalan dulu sama Arduino.


Mengenal IoT dengan Arduino.

 Ini Akan terkesan sedikit melenceng dari tema android maupun smartphone dengan menciptakan ar Update, Belajar iot dengan arduino Untuk Pemula [Internet of Things]
Starter Kit Belajar arduino

Setelah kita memahami konsep dari Internet of Thing maka kita akan membahas dan molai berkenalan dengan perangkat yang menunjang untuk membangun projects tersebut.Belajar IoT dengan Arduino merupakan pilihan yang sempurna untuk kita sebagai pemula sehingga kita bisa memahami dari konsep konsep dasar dan cara kerja dari kegiatan yang akan di install pada arduino.

Benda apa sih arduino ?
Awam banget ,serius !! Saya awam dalam dunia IoT namun apa salahnya kita pelajari siapa tahu bermanfaat setidaknya saya pernah baca dan mendengar nya kalau di kemudian hari konsep ini menjadi salah satu gaya hidup yang populer.

Arduino sendiri yakni pengendali micro single-board yang sifatnya open source yang di turunkan dari working platform yang di rancang untuk fasilitas membangun projects atau elekronik dalam banyak sekali bidang.

Dengan di lengkapi prosesor Atmel AVR dan mempunyai bahasa pemrograman sendiri.

Hardware Dan Software.

Masih berkaitan dengan dua tersebut dimana dalam pengembangan atau menciptakan project IoT selalu membutuhkan hardware dan softwareMicro controler yang kita kenal dengan arduino ini yakni sebuah papan board yang sanggup dengan gampang kita gunakan dan kita pelajari untuk membangun sebuah project Iot Untuk pemula.

AVR yakni sebuah sebuah controler yang masih kerabat dengan intel,ini banyak di di gunakan dan di aplikasikan pada arduino.selain itu kita juga bisa menjumpai arduino dengan memakai Controler ARM dan Atheros sperti Arduino YUN.Tipe papan Board yang akan anda gunakan tentu mempunyai banyak variasi maka cukup dengan menentukan sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis papan Arduino.
 Ini Akan terkesan sedikit melenceng dari tema android maupun smartphone dengan menciptakan ar Update, Belajar iot dengan arduino Untuk Pemula [Internet of Things]

Kemudian kalau anda akan berguru dengan arduino maka anda mau atau tidak harus molai mengenal dengan papan board arduino.Bnayak tipe papan board arduino menciptakan kita sebagai pemula cukup galau untuk menentukan yang cocok di gunakan untuk berguru IoT dengan arduino yang tepat.

Untuk pemula banyak yang menyarankan untuk memakai Arduino Uno alasannya yakni papan tipe ini merupakan papan yang cukup compact dengan di lengkapi port Input dan output (I/O) baik analog maupun digital.

Kemudian pada tahapan selanjutnya berguru IoT dengan Arduino yakni dengan mempelajari dari bab penggalan Arduino itu sendiri.
Tak kenal maka tak sayang tampaknya akan berlaku juga terhadap berguru yang satu ini ,,:D nah kabar baiknya kalau anda sudah menguasai microcontroler maka artinya anda sudah 40% menguasai arduino ,Mengapa? Karena mikrokontroler yakni arduino itu sendiri hanya mengubah cara memprogram dan mengaplikasinya dengan lebih gampang dan menyenangkan.

Download Datasheet Mikrocontroller AVR Tipe ATMEGA328 PDF

Baca


Sudah mengerti wacana Iot arduino? Kemudian pada tahapan berikutnya saya akan buat artikel wacana memperdalam wacana arduino ,di dalam arduino sendiri banyak hal yang akan di bicarakan dan sanggup menciptakan kita harus tarik ulur nafas.

sudah siap menciptakan iot project? masih banyak hal yang perlu kita gali,maka artikel wacana internet of thing saya buat denga bertahap,tujuannya yakni menjaring pemula untuk gampang paham.Demikian artikel saya agar bermanfaat

FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post