Update, Cara Memasukkan / Upload Aktivitas Ke Arduino Uno [ Mencar Ilmu Iot]

FAST DOWNLOADads
Download

Cara memasukan kegiatan pada Arduno Untuk Pemula.

IME android- Masih berkaitan dengan belajar IoT Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasukan kegiatan pada arduino .

Arduino yakni salah satu mikrokontroler yang sanggup di gunakan kita untuk menciptakan project tobotik maupun IoT namun di sisi lain bagi anda yang ingin berguru arduino tidaklha begitu saja.

Buka berarti kita sudah punya arduino tersus kita sudah sanggup menciptakan project namun untuk sanggup board arduino anda sanggup bekerja dengan baik sesuai dengan impian anda maka perlu di lakukan memasukan kegiatan atau isntruksi yang harus diisntall atau di masukan,Ini sifatnya wajib.

Hmm jadi perlu berguru coding nih...

Biasanya kode kode yang di masukan kedalam board atau mikro kontroler berupa sebuah perintah dan biasa kita sebut dengan penamaan koding kemudian sehabis kodingini sudah jadi sanggup di install kedalam arduin.Banyak dari kita yang mau berguru IoT merasa bahwa dengan membeli arduino maka sudah sanggup di gunakan begitu saja sehingga cara upload kegiatan arduino perlu anda kuasai.

Mungkin ini yakni akan menjadi iot arduino project buat anda,Jangan kuatir alasannya kegagalan maupun kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran yakni sebuah proses menuju keberhasilan.


Langkah Upload Program arduino.



Berikut tahapan yang perlu anda lakukan untuk menciptakan arduino anda sanggup bekerja yakni dengan memasukan kegiatan kedalamnya,berikut materi bahan yang perlu anda siapkan untuk menciptakan kegiatan arduino pemula.



  1. Board Arduino dan Kabel USB
  2. Kompter Atau Laptop
  3. Software Arduino yang akan di install di komputer

Board Arduino Dan Kabel USB

Pada artikel kali ini saya beraharap anda sudah siap dengan perlengkapan diatas ya salah satunya yakni board arduino itu sediri yang sebagai objek utama yang akan kita upload progra.Analoginya yakni sederhana yaitu siapkan board arduino kemudian ,download software arduino lanjutkan install ke komputer ,Molai ngoding dan uplaod koding ke Board arduino.Untuk jenis arduino yang anda siapkan sih relatif tergantung dari jenis project yang akan anda buat ,Banyak jenis arduino yang sanggup anda gunakan menyerupai pada artikel saya yang sebelumnya membahas jenis controler dan fungsi arduino.

Cara memasukan kegiatan pada Arduno Untuk Pemula Update, cara memasukkan / Upload kegiatan ke arduino uno [ Belajar IoT]
Nah sanggup anda lihat dua hardware diatas yakni aarduino uno dan kabel data usb,jika anda belum mempunyai papan board untuk berguru iot dengan arduino,maka untuk mempermudah proses berguru disarankan untuk sudah mempunyai ,rekomendasi untuk pemula yakni memakai Arduino Uno


Download software Arduino

Baik kita lanjutkan dengan software arduino,nah yang saya maksud software disini yakni sebuah aplikasi yang sanggup anda install di pc yang berfungsi untuk menciptakan kegiatan -program yang akan di install kedalam board arduino.Anda sanggup download softwarenya melalui link di bawah gratis.

Download

Kemudian sehabis download final silahkan Extrax dan pastikan anda tidak merubah struktur dari susunan folder,dan klik dua kali pada folder terdapat folder folder bawaanya.
dan tahapan selanjutnya yakni dengan menghubungkan board arduino dengan komputer memakai kabel data yang sudah anda siapkan kemudaian LED berwarna Hijau dengan label PWR akan menyala.


Tahap Intallasi Driver

Langkah Instalasi driver di komputer  Arduino Uno pada Windows 7

  1. Silahkan Hubungkan board menyerupai langkah diatas kemudain tunggu sampai widows melaksanakan scaning dan intallasi driver ,dan proses ini akan gagal.
  2. Selajutnya silahka kli "Start" pada komputeranda dan Pilih "Control Panel"
  3. Pada kontrol panel  silahkan masuk "Sistem dan Security"  klik Sistem dan Akan berada pada tampilan sistem kemudian Buka "Device Manager" ,lihat pada bab Port (COM & LPT) kemudian disana anda akan melihat port Arduino UNO (COMxxx)
  4. Silahkan Klik kanan Port "Arduino Uno (COMxx) " kemudian Pilih Opsi "Update Driver Software" kemudian "Browse my computer for driver Software"
  5. Kemudian langkah berikutnya silahkan pilih file driver Arduino UNO  dengan nama "Ardunio UNO.Inf" yang terletak pada folder "Drivers" Pada Software Arduino yang telah anda downlaod dn silahkan tunggu sampai komputer selesaikan installasi driver.
Anda sanggup memastikan kembali bahwa Driver Arduino sudah telah terinstall dengan baik dengan mengeceknya pada "Device manager" pada  tab Hardware pada control panel sistem kemudain cari USB seriar Port pada bab port.

Kemudian pada tahapan berikutnya saya asumiskan anda telah berhasil menginstall software atau aplikasi Arduino pada komputer anda,dan berikutnya niscaya sudah tidak sabar untuk sanggup berguru mengisi kegiatan arduino uno anda dengan Perintah..Hmmm Ok lanjut..

Mengisi Program pada Arduino Uno

Ini merupakan salah satu langkah yang cukup sakral menjadi perjalanan anda menjadi seorang programer,jika anda mempunyai basic yang sudah mengeri bahasa kegiatan mungkin tidak terlalu kesulitan namun apabila masih awam dalam basa pemrograman maka harap bersabar dan teliti dalam anu..

Silahkan Jalankan aplikasi Arduino Uno dengan klik arduino.exe pada komputer anda kemudaian buka referensi Blink.
Cara memasukan kegiatan pada Arduno Untuk Pemula Update, cara memasukkan / Upload kegiatan ke arduino uno [ Belajar IoT]

Setelah buka kegiatan referensi kegiatan LED Blink dengan cara File - Examples - 1.Basics - Blink maka tampilan akan muncul script koding arduino menyerupai diatas.

Kemudian Pilih board anda



Tahapan berikutnya yakni menentukan jenis board yang anda gunakan sesuai dengan yang anda gunakan dengan cara pilih "Tools" kemudian "Board" dan pilih jenis board anda menyerupai gambar berikut.


Cara memasukan kegiatan pada Arduno Untuk Pemula Update, cara memasukkan / Upload kegiatan ke arduino uno [ Belajar IoT]

Hmm Sudah Mulai Pusing berguru IoT memakai Arduino ? jangan mengalah yah .. Kita sambut teknologi dengan besar hati dan terus berguru dan mari kita lanjutkan dengan menentukan Port anda.


Pilih serial port

Tahapan ini anda akan menentukan serial port yang di gunakan oleh board arduino pada hidangan Tools-Serial Port,nah pada umumnya Port yang di gunakan untuk device external ini menggunakn port COM3 atau yang lainya menyerupai COM1,COM2.Untuk memastikan Port yang mana yang sedang di guanakan pada board arduino anda maka anda sanggup melepas arduino anda dan lihat port mana yang hilang dan hubungkan kembali dan mana yang terhubung (muncul) jia sudah yakin Pilih port yang di guanakan.

Langah Upload kegiatan ke arduino

Cara memasukan kegiatan pada Arduno Untuk Pemula Update, cara memasukkan / Upload kegiatan ke arduino uno [ Belajar IoT]

Diatas merupakan langkah sedrhana molai dari Arduino kosong dan akan di isi dengan program,kemudain di tahapan terahir yakni langkah upload program anda hanya perlu klik tombol "Upload" yang tertera pada software,kemudain tunggu beberpa dikala ,perhatikan LED TX dna RX pada board arduino berkedip.Apabila proses Upload berhasil maka akan terdapat notifikasi "Done uploading" pada status bar.

Nah demikian artikel saya kali ini perihal cara masukan kegiatan pada arduino,perlu anda garis bawahi bahwa jenis kegiatan yakni perintah yang menentukan arahan yang akan di kerjakan oleh mikrokontroler .jadi Program diatas yakni sifatnya sebagai referensi namun jikalau anda akan menciptakan project Iot yang lebih keren dan canggih tahapan beikutnya dalah berguru dengan dasar dasar kegiatan arduino.Terima kasih.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post