Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

FAST DOWNLOADads
Download
Beberapa tahun lalu, pernah mengulas ihwal cara install kafetaria navigasi Android Lollipop pada Android lawas (sebelum Lollipop) dengan memakai Xposed. Ulasan tersebut aku tujukan untuk pengguna Android yang sudah mempunyai jalan masuk root pada ponselnya. Kali ini, akan mengatakan jalan untuk Anda yang ingin mempunyai kafetaria navigasi ala Android Lollipop tanpa harus root.

cara install kafetaria navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

Tunggu, Apa itu kafetaria navigasi Android? Navigation kafetaria atau kafetaria navigasi Android yaitu kumpulan tombol navigasi Android (back, home, recent/menu) yang pada umumnya terletak di sisi bawah layar. Untuk perangkat Android yang beredar di pasaran ketika ini, setidaknya terdapat 3 macam kafetaria navigasi, menyerupai yang tampak pada ilustrasi berikut.

cara install kafetaria navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

Pertama, kafetaria navigasi on screen (menyatu dengan layar) yang biasa kita temui pada ponsel dan tablet Android besutan Google (Pixel, Nexus dan Android One), beberapa seri Android LG, Motorola, Sony Xperia, dsb. Kedua yaitu kafetaria navigasi kapasitif (berupa tombol kapasitif yang terpisah dengan layar) yang umum digunakan pada ponsel buatan Asus dan Xiaomi (seri Zenfone, Redmi, dsb). Ketiga, kafetaria navigasi fisik plus kapasitif (paduan tombol fisik dan kapasitif), menyerupai yang terpampang di hampir semua seri Samsung Galaxy.


Bila Anda pengguna Android Pixel, Nexus atau Android One, kemungkinan mengalami dilema dalam penggunaan kafetaria navigasi sanggup dibilang relatif kecil, alasannya yaitu tombolnya menyatu dengan layar. Untuk Anda pengguna seri Zenfone, Redmi, atau Galaxy, sanggup jadi seiring berjalannya waktu, sensitifitas atau fungsi tombol fisik dan/atau kapasitifnya mulai berkurang, bahkan kadang tidak berfungsi sama sekali. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi pengganti kafetaria navigasi (tombol fisik dan kapasitif) ini layak untuk dicoba.

cara install kafetaria navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)cara install kafetaria navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)


Adalah Simple Control, sebuah aplikasi yang berkhasiat untuk memunculkan navbar Android sebagai pengganti tombol fisik atau kapasitif yang tidak berfungsi atau rusak (khususnya tombol navigasi, bukan tombol power atau volume). Asyiknya, selain tidak membutuhkan jalan masuk root dalam penggunaannya, Simple Control juga mempunyai tampilan kafetaria navigasi keren yang menyerupai dengan bar navigasi Android Lollipop atau Marshmallow, cek aksinya pada video dari channel YouTube berikut.


Nah, sudah gamblang kan? Simple Control cocok digunakan pada Android yang tidak mempunyai navbar on screen menyerupai ponsel Samsung Galaxy Ace yang aku gunakan pada video di atas (yang kebetulan tombol home fisiknya sudah mulai ngadat sob). Selain sebagai pengganti tombol navigasi fisik/kapasitif yang rusak, Simple Control juga sanggup dimanfaatkan untuk meminimalkan penggunaan tombol-tombol tersebut (sebagai tindakan pencegahan semoga tidak gampang rusak alias awet). Selamat mencoba 😊
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post