Cara Cek Usb Otg Android Dengan Aplikasi [Tanpa Kabel]

FAST DOWNLOADads
Download
Kebanyakan perangkat Android yang beredar terpelajar balig cukup akal ini sudah dilengkapi dengan fitur USB On The Go. Iya, memang tidak semua Android punya OTG sob, tapi kini fitur tersebut sudah mulai lazim disertakan pada ponsel atau tablet Android keluaran baru.

Kebanyakan perangkat Android yang beredar terpelajar balig cukup akal ini sudah dilengkapi dengan fitur  Cara Cek USB OTG Android dengan Aplikasi [Tanpa Kabel]

USB OTG merupakan fitur yang sangat menarik bagi pengguna smartphone Android. Bagaimana tidak, lewat USB OTG, kita dapat menikmati bermacam-macam fitur yang dulunya hanya mungkin dilakukan melalui PC atau laptop. Contoh paling sederhananya yakni membuka flashdisk.

Melalui kabel USB to micro USB, kita dapat membuka bermacam isi flashdisk pribadi di Android. Tidak hanya "membuka" sob; copy, cut, paste file dari flashdisk ke memori internal/eksternal Android (dan sebaliknya) juga dapat dilakukan berkat adanya fitur USB OTG.

Selain flashdisk, hampir semua gawai* yang ber-USB dapat juga dipakai di Android; mouse, keyboard, dan printer misalnya. Khusus untuk tablet serta ponsel Android yang mempunyai "power" mumpuni, membuka harddisk eksternal juga kelar sob (asal jangan lama-lama, dapat pingsan Android-nya :v). Masih kurang? Main game pake stick PS3 di Android pun dapat pula dilakukan lewat USB OTG, pokoknya banyak dah kegunaannya.

Lalu bagaimana cara mengetahui ada tidaknya USB OTG pada ponsel atau tablet Android?

Ada beberapa cara untuk mengetahui ketersediaan fitur USB OTG yang sudah pernah dibahas di . Cara yang paling ampuh yakni dengan memakai kabel USB to micro USB serta flashdisk. Tinggal tancep flashdisk ke Android lewat kabel, buka aplikasi file explorer, dan bila flashdisk terdeteksi berarti Android Anda support USB OTG.

Ga punya kabelnya min. Nyantai saja sob, pakai saja aplikasi berjulukan "OTG?". Seperti namanya, aplikasi "OTG?" dapat merampungkan rasa ingin tau kita akan ada tidaknya USB OTG di perangkat Android.

Berbeda dengan aplikasi lainnya (sebut saja OTG Checker, Troubleshooter, Diagnostic, dll.), aplikasi "OTG?" tidak membutuhkan kabel dan flashdisk untuk mendeteksi ketersediaan USB OTG di perangkat Android. Cukup unduh, pasang, dan jalankan aplikasi "OTG?", kemudian tekan tombol 'Check now!' untuk melihat hasilnya.

Kebanyakan perangkat Android yang beredar terpelajar balig cukup akal ini sudah dilengkapi dengan fitur  Cara Cek USB OTG Android dengan Aplikasi [Tanpa Kabel]

Bila muncul pesan YES! OTG is supported on this device, berarti perangkat Android Anda sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG. Sebaliknya, kalau ternyata Android Anda belum support OTG, yang muncul yakni pesan NO. Sorry, OTG is not supported in this device.

Nah, bagaimana sob, masih kurang yakin? Saya pun begitu :D Begini, biar yakin 100%, silakan pribadi beli kabel USB OTG dan coba hubungkan flashdisk ke Android melalui kabel tersebut. Dijamin, Anda akan memperoleh pencerahan luar biasa mengenai ada tidaknya fitur USB OTG di Android Anda (haiyaah).

Jadi aplikasi yang tadi dibahas kurang akurat dong? "OTG?" dapat dibilang tidak mengecewakan akurat sob, sudah saya tes pada 4 perangkat Android yang berbeda. Meski demikian, saya tetap merekomendasikan pengetesan pribadi memakai kabel dan flashdisk. Selamat mencoba :)

*Pertama kalinya memakai kata "gawai" sebagai pengganti kata "gadget."
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post