Cara Kirim Pesan Whatsapp Dengan Perintah Bunyi Ok Google

FAST DOWNLOADads
Download
OK Google, jam berapa sekarang? OK Google, cuaca hari ini! OK Google, apa itu Android? OK Google, buka apikasi Instagram! merupakan beberapa perintah bunyi yang (mungkin) sering Anda gunakan di ponsel Android. Buat yang belum tahu, OK Google yakni perintah bunyi untuk aplikasi Google (Now) di Android yang mempunyai bermacam-macam fungsi.

 merupakan beberapa perintah bunyi yang  Cara Kirim Pesan WhatsApp dengan Perintah Suara OK Google

Iya, dengan menyampaikan "OK Google" diikuti perintah yang diinginkan, aplikasi Google akan menampilkan isu (atau melaksanakan tindakan) yang relevan dengan apa yang kita perintahkan; sangat berkhasiat ketika jari-jari kita lelah menekan layar atau sedang sibuk melaksanakan hal lain (saat menyetir kendaraan beroda empat misalnya).

Selain perintah-perintah dasar yang sudah disebutkan di atas, kita juga dapat mengirim pesan WhatsApp melalui perintah bunyi OK Google. Caranya gampang sob, namun sebelum melangkah lebih jauh, simak tips mengaktifkan fitur Ok Google di Android berikut ini (bila belum).

TIPS: Agar bahasa kita dapat dikenali, buka Google app versi terbaru > Setting > Voice > Languages dan pilih Bahasa Indonesia. Selanjutnya, aktifkan fitur Ok Google melalui "Ok Google" detection > hidupkan opsi 'From the Google App' (atau pilih opsi lain yang dikehendaki).


Kirim Pesan WhatsApp via Perintah Suara OK Google


  1. Pastikan fitur OK Google di Android Anda telah aktif (cek tips di atas jikalau belum).

  2. Tekan usang tombol home atau buka aplikasi Google di Android Anda.

  3. Ucapkan "OK Google, kirim pesan WhatsApp ke Mukidi: Jakarta sudah bebas banjir" (keterangan: "Mukidi" yakni nama kontak WA, "Jakarta sudah bebas banjir" merupakan isi pesan WA).

     merupakan beberapa perintah bunyi yang  Cara Kirim Pesan WhatsApp dengan Perintah Suara OK Google

  4. Google akan merespon dengan: "Ok, apakah Anda ingin mengirim pesan WhatsApp ini atau mengubahnya?"

  5. Katakan "Ubah" untuk mengubah pesan atau eksklusif bilang "Kirim" untuk mengirim pesan tersebut.

  6. Beres dah sob. Bila Anda mengucapkan perintah tersebut dengan jelas, maka pesan WhatsApp Anda akan disampaikan ke Mukidi tanpa perlu menyentuh layar atau membuka aplikasi WhatsApp sama sekali.

Saat suasana kurang mendukung, di tengah hiruk pikuk kemudian lintas misalnya, perintah bunyi yang panjang terkadang tidak dapat diproses dengan baik oleh aplikasi Google. Oleh alasannya itu, kita dapat memecah perintah tersebut menjadi beberapa bagian, menyerupai ini contohnya.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Pada video di atas, aku mencoba mengirim pesan pada SK17i AS (salah satu nama kontak di WhatsApp saya) dengan perintah bunyi OK Google. Kurang lebih begini dialognya.
  1. Pertama, aku (S) mengucapkan OK Google (berhasil pada percobaan kedua), diikuti perintah "kirim pesan WhatsApp". 
  2. Perintah tersebut kemudian direspon oleh aplikasi Google (G) dengan: "Siapa yang ingin Anda ajak chat?"
  3. S: SK17i.
  4. G: Apa isi pesannya?
  5. S: Mencoba mengirim pesan untuk memudahkan.
  6. G: Ok, apakah Anda ingin mengirimnya atau mengubahnya?
  7. S: Kirim.
  8. G: Mengirim pesan...
  9. Tak berselang lama, muncul notifikasi yang menyatakan bahwa Pesan telah dikirim.

Lumayan lebih panjang memang dibandingkan cara pertama, namun lebih efektif untuk suasana yang riuh sob. Selain dua cara di atas, masih ada variasi lainnya sob, simak video ini (mulai menit 3:35).



Sekedar tambahan, aplikasi Google dengan fitur perintah bunyi OK Google sudah ada semenjak Android 4.1 Jelly Bean. Meski demikian, beberapa fiturnya (termasuk kirim pesan WhatsApp) mungkin hanya dapat dipakai pada Android 4.4 KitKat ke atas.

Selain WhatsApp, cara kirim pesan via perintah bunyi Google di atas juga dapat diterapkan pada Telegram, WeChat, Viber, serta Nextplus (contoh, ganti kata WhatsApp dengan Telegram: "Kirim pesan Telegram" dan seterusnya). Sip, selamat mencoba :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post