4 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih Dari Kementerian Agama Ri

FAST DOWNLOADads
Download
Ada ratusan aplikasi Al-Quran Android yang tersebar di Play Store. Tampilan dan fiturnya pun beragam, dari yang sederhana hingga yang rumitnya ga kira-kira. Jenis teks Arab, transliterasi, dan terjemahannya juga mempunyai banyak versi. Keberagaman itu tidak jarang menciptakan kita (sebagai pengguna Android) menjadi ragu untuk membaca dan mempelajari Al-Quran melalui aplikasi-aplikasi tersebut.

Quran Android yang tersebar di Play Store 4 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Pada paragraf epilog artikel 10 Aplikasi Al-Quran Terbaik untuk Android yang diterbitkan tahun 2014 lalu, terdapat pernyataan ibarat ini.

Hendaknya aplikasi-aplikasi Al-Quran untuk Android (maupun aplikasi platform lainnya) tidak dijadikan sebagai referensi utama. Selalu gunakan Al-Quran versi cetak sebagai media pembanding. Apabila Anda menemukan kesalahan, silakan laporkan kesalahan tersebut melalui Play Store atau eksklusif ke situs developer yang bersangkutan.

Alasannya, waktu itu saya belum menemukan satu pun aplikasi Al-Quran digital untuk smartphone yang telah mendapat sertifikasi tashih dari Kemeterian Agama RI, jadi tidak ada jaminan atas kebenaran dan legalitas dari aplikasi tersebut.

Apa itu tashih dan apa pentingnya aplikasi Al-Quran mempunyai akta tashih? Berdasarkan KBBI, tashih berarti akreditasi (setelah diperiksa kebenarannya). Dalam konteks ini, Al-Quran yang mempunyai akta tashih berarti telah melalui proses investigasi oleh forum yang berwenang sehingga legalitas dan kebenarannya terjamin.

Apakah ada aplikasi Al-Quran Android yang bersertifikat tashih? Ada sob, sependek pengetahuan saya, ketika ini terdapat empat aplikasi Al-Quran untuk Android yang telah mendapat surat tanda tashih dari Kementerian Agama RI, yaitu Salaam, MyQuran, Alquran Digital, dan Qur'an Kemenag.


Salaam


Bekerja sama dengan QuranCordoba.com (PT Cordoba International Indonesia), Samsung Indonesia merilis sebuah aplikasi Al-Quran digital untuk Android dengan nama Salaam. Aplikasi yang didedikasikan untuk kaum Muslimin dari Samsung Indonesia bersama QuranCordoba.com tersebut telah mendapat sertifikasi tashih digital pertama di Indonesia dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Quran Android yang tersebar di Play Store 4 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Sertifikasi atau tashih dalam aplikasi Salaam memastikan konten di dalamnya terjamin kebenarannya dan sanggup dipercaya, meliputi teks Arab, transliterasi, terjemahan, dan aliran warna tajwid. Selain Al-Quran, Salaam juga menyediakan informasi dan alat untuk ibadah harian seorang Muslim yang memudahkan serta menyenangkan, dengan banyak sekali macam fitur berikut ini.

Fitur-fitur Salaam:

  • Al-Quran dalam format digital yang sudah disertifikasi oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, termasuk skrip Arab, transliterasi, terjemahan dan aliran warna tajwid.
  • Waktu Berdoa: Pengingat waktu sholat yang akurat menurut lokasi Anda.
  • Kalendar Hijriah: Melihat kalender Islam (Hijriah ) ketika ini dan tanggal Masehi. Hari-hari besar Islam. Konversi tanggal dari Hijriah ke Masehi.
  • Kalkulator Zakat: Anda untuk menghitung Zakat.
  • Panduan doa: Berisi perihal langkah-langkah doa dan bimbingan acara ibarat Sholat, Wudhu, Tayammum, Mandi, dan Salaatul Janazah.
  • Arah Kiblat: Mendeteksi arah kiblat secara otomatis.
  • Panduan Haji dan Umroh.

Berbeda dengan beberapa aplikasi Al-Quran Android yang (pada umumnya) menyisipkan iklan, aplikasi Salaam sanggup diunduh secara gratis dan bebas dari iklan. Fitur-fiturnya pun sanggup dipakai secara leluasa tanpa adanya pungutan biaya.


MyQuran


MyQuran merupakan aplikasi Al Alquran digital dengan teks karakter Arab, transliterasi latin, dan terjemahan bahasa Indonesia yang sesuai dengan standar Al Alquran cetak yang beredar di Indonesia.

Quran Android yang tersebar di Play Store 4 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Berbagai macam fitur menarik pun juga disediakan oleh aplikasi yang dikembangkan oleh The Wali Studio tersebut, beberapa di antaranya sanggup disimak pada daftar berikut.

  • Tajwid berwarna, terjemahan, dan transliterasi yang sesuai dengan standar Kementerian Agama RI.
  • Audio murotal Qori AlQuran mp3.
  • Pengingat untuk membaca Al Alquran setiap sesudah waktu sholat.
  • Hafalan untuk membantu menghafal Al Quran.
  • Fitur Khatam untuk membimbing pengguna dalam mengkhatamkan Al Quran. 
  • Kumpulan doa dalam Al Quran. 
  • Tuntunan Makhraj.
  • Jadwal salat.
  • Asmaul Husna.

Sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan dan ketenangan hati pengguna, aplikasi MyQuran telah melalui proses pentashihan dan memperoleh akta tashih dari Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kementerian Agama Republik Indonesia, sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.

metode potong pulsa maupun transfer bank.


Alquran Digital


Aplikasi Alquran Digital dirilis dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Nuzulul Alquran tahun kemudian (1438 H). Uniknya, aplikasi Alquran yang dikembangkan oleh salah satu partai politik di Indonesia ini telah dilengkapi dengan terjemahan bahasa kawasan dan bahasa internasional.

Quran Android yang tersebar di Play Store 4 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Selain itu, aplikasi perilisan Alquran Digital ini bertujuan meningkatkan minat membaca, menghapal dan mengamalkan Alquran sebagai kitab suci umat Islam di Indonesia khususnya dengan terjemahan bahasa daerah.

Sudah punya sertifikasi tashih dari Kemenag? Sudah sob, salinan sertifikatnya pun telah disertakan dalam pengaturan aplikasi Alquran yang sanggup diunduh secara gratis dan tanpa iklan tersebut.


Qur'an Kemenag


Qur’an Kemenag adalah aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dikembangkan oleh Kementerian Agama (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an). Aplikasi tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Mushaf Al-Qur'an yang berbentuk digital. Ayat Al-Qur’an dalam aplikasi Qur'an Kemenag memakai Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani.

Quran Android yang tersebar di Play Store 4 Aplikasi Al-Quran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Tidak hanya untuk Android, Qur'an Kemenag juga tersedia dalam format web, dan iOS. Selain menyajikan teks Al-Qur'an lengkap 30 juz, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan terjemahan, tafsir dalam dua varian: tahlili dan ringkas, serta bunyi murattal Al-Qur'an Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

Karena dibentuk eksklusif oleh Kemenag, lebih tepatnya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, aplikasi Qur'an Kemenag tentu sudah diperiksa legalitas dan kebenarannya, atau dengan kata lain, auto tashih.

______________


Nah, buat Anda yang masih ragu dan bimbang dalam menentukan aplikasi Al-Quran Android yang terjamin keaslian dan kemurniannya, empat aplikasi di atas sanggup menjadi pilihan yang tepat. Masih kurang yakin? Ada baiknya Anda memakai Al-Quran versi cetak yang sudah niscaya bersertifikat sob. Sebagai epilog dan penghilang kegelisahan, mari kita simak Alquran surat Al-Hijr ayat 9 berikut ini.


“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Quran, dan sebetulnya Kami benar- benar memeliharanya”. (QS: Al-Hijr: 9)


_______________


Bila Anda mengetahui aplikasi Al-Quran Android lain (selain 4 aplikasi tadi) yang sudah mengantongi serifikat tashih dari Kemenag RI, silakan beritahu saya melalui Twitter atau laman kontak blog ini. Terima kasih 😊
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post