Cara Mengetahui Ketersediaan Usb Otg Di Android

FAST DOWNLOADads
Download
Android dan USB OTG merupakan dua hal mempunyai keterkaitan erat. Hampir sanggup dipastikan bahwa semua perangkat Android mempunyai slot USB, tepatnya micro USB. Sayangnya, tidak semua perangkat Android dilengkapi dengan fitur USB OTG.

Android dan USB OTG merupakan dua hal mempunyai keterkaitan dekat Cara Mengetahui Ketersediaan USB OTG di Android

Apa itu USB OTG (On The Go)? USB OTG yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat USB (flashdisk, mouse, keyboard, kamera, dsb) dengan perangkat mobile (dalam hal ini Android). Iya, layaknya kita menghubungkan flashdisk ke PC sob, ternyata sanggup juga dilakukan pada ponsel atau tablet Android; yang mempunyai fitur USB OTG tentunya.


Sebagai pengguna Android, kita pastinya ingin tahu, apakah ponsel atau tablet Android yang kita miliki sudah mendukung fitur USB OTG atau belum. Bisa juga jika kita hendak membeli perangkat Android baru, tentunya ingin tau juga akan ketersediaan USB OTG pada Android yang akan kita beli.

Bagaimana cara mengetahui apakah Android saya sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG? Bisa dibilang cukup mudah sob, tapi terkadang susah juga, gampang-gampang susah istilahnya. Simak beberapa cara mengecek fitur USB OTG Android berikut ini.

Untuk yang ingin membeli Android gres dengan fitur USB OTG.

  1. Teliti sebelum membeli. Di masa serba internet ini, tidak sulit untuk menemukan spesifikasi ponsel/tablet Android. Sebelum membeli ponsel atau tablet Android, pastikan Anda telah mengetahui spesifikasinya, termasuk ada tidaknya fitur USB OTG.


  2. Baca juga ulasan atau review mengenai perangkat Android incaran Anda tersebut, cek apakah ada keterangan wacana ketersediaan fitur USB OTG pada ulasan Android tersebut. Bila perlu, bertanyalah pada sang penulis review melalui kotak komentar yang tersedia.

  3. Lakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci "tipe Android Anda usb otg". Misalnya "nexus 6 usb otg".

  4. Agar lebih yakin, tanyakan ketersediaan fitur USB OTG Android pada penjual sebelum membeli.


Android dan USB OTG merupakan dua hal mempunyai keterkaitan dekat Cara Mengetahui Ketersediaan USB OTG di Android
Kabel USB OTG Android


Buat yang sudah terlanjur beli Android tapi belum tahu apa itu USB OTG.

  1. Sebenarnya hampir sama dengan cara yang sudah tertulis di atas. Bila di spesifikasi atau review Android Anda tidak menyebutkan kejelasan wacana USB OTG, silakan bergabung dengan komunitas pengguna Android di media umum atau forum-forum ternama. Di sana Anda sanggup menyimak dan berdiskusi mengenai banyak sekali hal seputar Android Anda, termasuk ada tidaknya fitur USB OTG.

  2. Menggunakan aplikasi USB OTG checker, USB Host Check, atau Easy OTG Checker (silakan cari dan unduh via Play Store). Aplikasi tersebut mempunyai kegunaan untuk mengetahui ketersediaan fitur USB OTG di Android Anda. Meski begitu, Anda tetap membutuhkan kabel USB OTG semoga aplikasi-aplikasi tersebut sanggup berjalan dengan baik. Lanjut bacanya sob.

  3. Cara yang paling ampuh untuk mengecek fitur USB OTG Android yakni dengan membeli kabel USB OTG dan ikuti cara yang sudah saya tulis di artikel Menghubungkan USB Flashdisk dengan Android Tanpa Root.

  4. Bila Anda tidak ingin membeli kabel USB OTG (khawatir bakalan mubazir jika ternyata tidak kompatibel), pinjam saja kabel UST OTG dari teman Anda, atau tanya pribadi pada penjual kabel USB OTG, boleh dicoba ga kabelnya? :D

  5. Ingin lebih praktis? Beli saja flashdisk khusus USB OTG (SanDisk Ultra Dual USB Drive misalnya). Berbeda dengan flashdisk pada umumnya, flashdisk USB OTG mempunyai dua buah konektor. Satu konektor USB 2.0 biasa, satunya konektor micro USB. Kaprikornus selain sanggup digunakan di PC, flashdisk tersebut juga sanggup pribadi ditancapkan ke perangkat Android. Selain lebih mudah alasannya yakni tanpa kabel, jika ternyata Android Anda tidak mendukung USB OTG, Anda masih sanggup memakai flashdisk khusus USB OTG tersebut di PC atau komputer layaknya flashdisk biasa.


Android dan USB OTG merupakan dua hal mempunyai keterkaitan dekat Cara Mengetahui Ketersediaan USB OTG di Android
Flashdisk khusus USB OTG Android


Di artikel wacana USB OTG sebelumnya, saya menerima banyak pertanyaan dari sobat . Apakah Android tipe ini sudah support OTG? Android saya ternyata tidak support OTG, apa sanggup pakai aplikasi khusus supaya support OTG? Sebagian besar sudah saya jawab, sebagian lagi tidak saya tampilkan alasannya yakni mengulang pertanyaan yang sama.

Mohon maaf jika saya tidak/belum menjawab pertanyaan sobat semua alasannya yakni satu dan banyak hal. Semoga artikel ini sanggup memberi sedikit pencerahan buat sobat yang ingin tau dengan USB OTG, selamat mencoba :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post