Menghubungkan Mouse Dan Keyboard Dengan Android [Usb Otg]

FAST DOWNLOADads
Download
USB yaitu kependekan dari Universal Serial Bus. Seperti namanya, USB bersifat universal sob, tidak terbatas pada flashdisk saja. Nah, di artikel-artikel sebelumnya, pernah membahas mengenai cara membuka flashdisk di Android menggunakan USB OTG. Apa itu USB OTG? Silakan simak dahulu artikel tersebut.

Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android  Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android [USB OTG]

Iya, selain untuk membuka flashdisk, USB OTG yang tersemat di Android dapat juga dipakai untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Pertanyaannya, memang dapat ya Android dipasangi mouse dan keyboard? Jawaban dapat sob, asal perangkat Android yang dipakai telah mempunyai fitur USB OTG.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Mouse dan keyboard apa saja yang dapat dipasangkan di Android via USB OTG? Hampir semua jenis atau brand mouse/keyboard USB dapat dipasangkan ke Android, baik yang pakai kabel, maupun nirkabel (wireless). Intinya mouse dan keyboard USB yang biasa kita gunakan di komputer dapat dipakai juga di Android yang punya fitur USB OTG. Agar lebih jelas, cek alat dan materi yang diharapkan untuk menghubungkan mouse dan keyboard dengan Android berikut ini.

  1. Ponsel/tablet Android dengan fitur USB OTG
  2. Mouse USB
  3. Keyboard USB
  4. Kabel USB OTG

Setelah alat dan materi di atas siap, pribadi saja hubungkan kabel USB OTG ke Android. Selanjutnya, hubungkan mouse atau keyboard ke kabel USB OTG. Sesaat kemudian, mouse atau keyboard yang kita hubungkan akan dikenali oleh Android (akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa mouse/keyboard telah terhubung). Beres sudah.

Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android  Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android [USB OTG]

Saat terhubung ke Android via USB OTG, kita dapat menggunakan mouse di Android layaknya kita menggunakan mouse di komputer, meski sedikit ada perbedaan. Di Android, klik kanan berfungsi sebagai tombol back (kembali), klik tengah (scroll) berfungsi sebagai tombol home atau menu, dan klik kiri berfungsi untuk menentukan (klik).

Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android  Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android [USB OTG]

Keyboard juga sama sob, menyerupai di komputer, keyboard yang terpasang di Android via USB OTG juga dapat dipakai untuk mengetik. Beberapa shortcut menyerupai Ctrl + C atau Ctrl + V juga dapat digunakan. Selamat mencoba :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post