Cara Memakai Google Maps Tanpa Internet [Offline]

FAST DOWNLOADads
Download
Agar tak nyasar ketiga jalan-jalan, kita membutuhkan peta. Jadi harus bawa Atlas atau globe gitu dikala jalan-jalan? Di masa digital ini, peta sudah tersedia dalam bentuk yang jauh lebih ringkas dari kedua benda itu sob. Iya, di Android kita sudah biasa memakai aplikasi Google Maps untuk mendukung kegiatan kita sehari-hari, termasuk jalan-jalan.

Jadi harus bawa Atlas atau globe gitu dikala jalan Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet [Offline]

Di kota-kota besar, di mana jaringan internet (hampir) selalu tersedia, memakai aplikasi Google Maps untuk keperluan navigasi tentu tak jadi soal. Beda dongeng jikalau kita sedang berada di tempat terpencil, atau di luar negeri (belum sempat ganti simcard), di mana koneksi internet susah untuk dijangkau, aplikasi Google Maps tentu tak dapat digunakan.

Itu dulu, kini (mulai versi 9.17) aplikasi Google Maps untuk Android sudah dapat digunakan tanpa internet alias offline (termasuk peta wilayah Indonesia), tapi ada syaratnya sob. Sebelum melaksanakan perjalanan, kita harus mengunduh peta dari tempat yang akan kita kunjungi, sehingga ketika tiba-tiba internet mati, kita dapat memanfaatkan peta offline yang telah diunduh tersebut (mirip-mirip lah sama YouTube Offline).

Bagaimana cara mengunduh peta Google Maps untuk digunakan secara offline? Praktis saja sob, simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Mengunduh dan Menyimpan peta Google Maps


Pastikan Anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi Google Maps untuk Android versi terbaru (cek di Play Store jikalau perlu).

Saat terhubung dengan jaringan internet (seluler atau WiFi), jalankan Google Maps, kemudian cari lokasi tujuan perjalanan Anda, contohnya saja Anda ingin berwisata ke Yogyakarta tanpa koneksi internet (agar tak terganggu hingar-bingar dunia maya, atau ingin sekedar menghemat kuota).

Jadi harus bawa Atlas atau globe gitu dikala jalan Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet [Offline]


Ketuk nama kota (dalam kasus ini Yogyakarta, Indonesia) yang muncul di sisi bawah layar kemudian ketuk tombol Download.

Tentukan seberapa luas area peta yang akan diunduh (cubit di tempat berkotak biru), semakin luas area yang dipilih, semakin besar ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Ketuk tombol Download, namai area tersebut, kemudian ketuk tombol Save untuk mulai mengunduh peta.

Jadi harus bawa Atlas atau globe gitu dikala jalan Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet [Offline]


Tunggu hingga proses download selesai.


Cara Menggunakan Google Maps secara Offline


Dalam keadaan tak terhubung ke internet, buka aplikasi Google Maps.

Jadi harus bawa Atlas atau globe gitu dikala jalan Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet [Offline]


Cari lokasi atau area yang sudah diunduh sebelumnya melalui search bar di sisi atas layar.

Nah, kini Anda siap untuk menjelajah kota Yogyakarta dengan aplikasi Google Maps tanpa koneksi internet.

Sebagai catatan, tidak semua lokasi dan peta di Google Maps dapat diunduh dan disimpan secara offline (tergantung keterbatasan kontrak, pinjaman bahasa, format alamat, atau alasan lainnya).

Selain itu, beberapa fitur Google Maps ternyata belum (sepenuhnya) dapat digunakan secara offline, menyerupai fitur turn-by-turn navigation, fitur search (kecuali untuk area yang berada di cakupan peta offline), dan fitur maps layer.

Agar warta yang ditampilkan selalu up to date, peta yang Anda unduh dari Google Maps akan basi dalam 30 hari. Setelah itu Anda dapat mengunduh kembali peta tersebut untuk digunakan selama 30 hari ke depan (begitu seterusnya, selama belum berubah).

Bila memori Android Anda terasa sesak akhir banyak peta offline Google Maps yang tersimpan, buka Google Maps > Menu > Offline areas, kemudian hapus peta offline yang tidak lagi diperlukan. Selamat mencoba :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post