Download Windows 10 Technical Preview

FAST DOWNLOADads
Download
Windows 10 telah dirilis? Yap, tempo hari Microsoft mengumumkan kehadiran Windows 10 sekaligus merilis Windows 10 Technical Preview, versi uji coba dari Windows 10 yang sanggup diunduh dan dipakai secara gratis.

 tempo hari Microsoft mengumumkan kehadiran Windows  Download Windows 10 Technical Preview

Kenapa Windows 10, ke mana Windows 9? Berdasarkan keterangan resmi dari Microsoft, mereka tetapkan menggunakan nama Windows 10 (bukan Windows 9) sebagai penerus Windows 8 (iya, Windows 8.1) untuk sekedar menegaskan bahwa versi terbaru dari Windows tersebut merupakan sebuah major update; update besar-besaran dari versi sebelumnya yang dinilai kurang berhasil di pasaran.

Besar-besaran? Melalui Windows 10 ini, Microsoft bermaksud untuk memperbaiki segala kekurangan (yang banyak dikeluhkan oleh pengguna) Windows 8. Salah satunya adalah Start Menu, fitur yang sudah ada semenjak Windows 95 tersebut lenyap begitu saja dari Windows 8 (diganti dengan Start Screen yang notabene lebih cocok dipakai untuk perangkat berlayar sentuh daripada PC dengan mouse dan keyboardnya). Nah, di Windows 10, fitur Start Menu kembali hadir dengan fungsi yang menyerupai dengan Start Menu Windows 7 sekaligus berpenampilan layaknya Windows 8, menyerupai yang tampak pada screenshot berikut ini (klik untuk zoom).

 tempo hari Microsoft mengumumkan kehadiran Windows  Download Windows 10 Technical Preview

Bila kurang tertarik dengan tampilan Windows 8 pada Start Menu Windows 10, Anda sanggup mengaturnya sedemikian rupa untuk mendapat kembali tampilan Start Menu layaknya Windows 7 (tutorial menyusul).

 tempo hari Microsoft mengumumkan kehadiran Windows  Download Windows 10 Technical Preview

Di Windows 8.1, aplikasi modern (aplikasi yang dioptimalkan untuk layar sentuh) telah mempunyai tombol close dan minimize. Di Windows 10, terdapat satu tombol suplemen yang beguna untuk mengaktifkan windows mode, yaitu tombol restore down/maximize. Makara jika sebelumnya aplikasi modern hanya sanggup berjalan secara fullscreen, di Windows 10, Anda sanggup menekan tombol restore down/maximize untuk membuatnya berada dalam windows mode layaknya aplikasi dekstop.


Hanya itu? Jelas tidak, masih ada beberapa fitur keren Windows 10 menyerupai snap assist (membatu pengguna mengatur penempatan windows di area desktop), virtual desktop (mirip fitur sistem operasi Ubuntu), keyboard shortcut pada command prompt (iya, kini ctrl+v berlaku di command prompt!), dan lain sebagainya.

Kapan Windows 10 dirilis? Belum ada keterangan niscaya mengenai tanggal rilis Windows 10, namun sanggup dipastikan pertengahan tahun depan (2015) Windows 10 akan beredar di pasaran. Masih usang memang, tapi (seperti yang tertulis di awal artikel) Anda sanggup mencoba Windows 10 Technical Preview mulai dari sekarang, iya sekarang! Sebelumnya, Anda harus mendaftar Windows Insider Program.

Ribet, tak ingin daftar? Silakan download Windows 10 melalui link di tamat artikel ini. Windows 10 Technical Preview tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit, keduanya sanggup diunduh, diinstall, dan dipakai dengan gratis. Berhubung masih berpredikat Technical Preview, Windows 10 tentunya masih menjadi sarang bug yang belum terdeteksi.

Spesifikasi minimum PC atau laptop yang diperlukan untuk menginstall Windows 10 sanggup dikatakan sama dengan Windows 8, jadi jika PC/laptop Anda sanggup menjalankan Windows 8 dengan baik, maka Anda sanggup menginstall dan menjalankan Windows 10 di PC/laptop Anda tersebut.

Cara install Windows 10 juga sama saja dengan cara install Windows 8, namun pastikan Anda memasangnya pada partisi harddisk yang berbeda dengan sistem operasi yang Anda pakai ketika ini (dual boot), sebab Windows 10 Technical Preview hanya bersifat sementara (kadaluwarsa pada tanggal 15 April 2015 nanti) dan dipakai untuk keperluan testing/uji coba saja.

Download Windows 10 Technical Preview 32-bit (2.9GB)

Download Windows 10 Technical Preview 64-bit (3.8GB)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post