Photomath: Aplikasi Smartphone Untuk Menuntaskan Soal Matematika

FAST DOWNLOADads
Download
Pernah merasa kesulitan kala mencoba merampungkan soal matematika? Apa, sering? Iya iya, Anda tak sendiri sob, alasannya yaitu memang tak semua orang berjodoh dengan matematika :D

Di kala internet ini, kala di mana perangkat cerdik mulai umum kita gunakan, aneka macam aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam menghadapi masalah yang hadir sehari-hari. Tak terkecuali masalah atau soal matematika.

Pernah merasa kesulitan kala mencoba merampungkan soal  PhotoMath: Aplikasi Smartphone untuk Menyelesaikan Soal Matematika

Terkadang (atau sering) kita menemui problem matematika yang amat rumit, dan soal itu harus kita selesaikan dikala itu juga (misalnya, pada suatu malam, saudara Anda yang masih sekolah meminta tolong untuk merampungkan PR matematikanya, dan besok pagi dikumpulkan). Masalahnya, Anda tak mengerti sedikitpun mengenai soal matematika tersebut. Parahnya, kalkulator pun tampaknya kurang mempunyai kegunaan mengingat Anda (bisa saja) kurang memahami cara pengaplikasian soalnya.

Sekarang, Anda dapat sedikit santai jikalau berhadapan dengan soal matematika yang (relatif) rumit, alasannya yaitu suatu aplikasi telah hadir untuk memudahkan Anda mengerjakan soal matematika tersebut, ialah PhotoMath.

PhotoMath adalah aplikasi yang dapat mengatakan tanggapan sekaligus langkah penyelesaian soal matematika dengan memanfaatkan kamera smartphone Anda. Iya, hanya dengan memindai soal matematika yang tercetak di buku atau yang terpampang di layar, Anda dapat mendapat tanggapan serta langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut. Selengkapnya, simak video berikut.


Tapi tunggu, tidak semua soal matematika dapat diselesaikan dengan PhotoMath. Sampai artikel ini ditulis, PhotoMath hanya dapat digunakan untuk merampungkan soal aritmatika dasar, pecahan, desimal, pangkat/eksponen, akar, persamaan linier sederhana, dan fungsi ibarat log, exp, sin, cos. Lebih lanjut, PhotoMath dapat digunakan untuk soal matematika yang tercetak maupun goresan pena tangan. Meski demikian, PhotoMath tidak dapat mengenali soal cerita, serta soal yang bekerjasama dengan geometri dan kalkulus.

Mungkin Anda berpikir bahwa PhotoMath dapat saja disalahgunakan, untuk urusan contek-menyontek misalnya. Mungkin juga dengan menggunakan PhotoMath, otak kita menjadi semakin dimanjakan dan malas berpikir. Tidak dapat dipungkiri memang, kemajuan teknologi yang memperlihatkan fasilitas ibarat PhotoMath ini niscaya mempunyai pengaruh faktual dan negatif, namun semuanya kembali kepada pemakainya.

Bila dimanfaatkan dengan benar, PhotoMath dapat menjadi pemanis dalam pembelajaran matematika, terlebih dengan adanya fitur penyesaian langkah demi langkahnya, sehingga pengguna tidak hanya tahu tanggapan dari suatu soal matematika, namun juga cara penyelesainnya.

Sampai artikel ini ditulis (dan diterbitkan), PhotoMath dapat diunduh dan digunakan secara gratis di iPhone, iPad, dan Windows Phone. Mana Androidnya? Sabar sob, menurut keterangan resmi di situsnya, PhotoMath untuk Android rencananya akan dirilis pada awal tahun 2015 mendatang.

UPDATE 06/12/2014: Melalui blog resminya, Microblink (pengembang aplikasi PhotoMath) mengajak Anda untuk mencoba PhotoMath versi beta. Untuk Android? Iya, selain iOS dan WP, Anda dapat berpartisipasi dalam beta testing aplikasi PhotoMath untuk Android. Syaratnya, Anda harus mempunyai perangkat Android 4.1+ yang dilengkapi dengan kamera autofocus. Tertarik menjadi beta tester PhotoMath untuk Android? Silakan mampir ke laman PhotoMath Beta dan isi formulir yang tersedia.

Download PhotoMath untuk iOS (iPhone, iPad) | Windows Phone (Lumia)


UPDATE 27/02/2015: Setelah sekian usang menyandang status beta dan hanya tersedia untuk para beta tester saja, hari ini PhotoMath untuk Android resmi dirilis di Google Play Store. Silakan download aplikasi PhotoMath untuk Android melalui link yang tersedia pada artikel PhotoMath untuk Android, Aplikasi Penjawab Soal Matematika dengan Kamera.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post