Cara Menyembunyikan Foto Whatsapp Dari Galeri Android

FAST DOWNLOADads
Download
Secara default, foto dan video yang kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri ponsel, kecuali jikalau kita menonaktifkan fitur "Unduh otomatis media". Iya, jikalau fitur tersebut tidak aktif, media (foto maupun video) hanya akan tampil di galeri sesudah kita mengunduhnya secara manual.

 foto dan video yang kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri pons Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri Android

Bagaimana dengan audio dan dokumen? Pada umumnya audio yang kita terima melalui WA akan terlihat dan dapat didengar melalui aplikasi pemutar musik (kecuali pesan suara/voice note yang tersembunyi secara default). Dokumen pun demikian sob, dapat terlihat di daftar dokumen pada aplikasi terkait (PDF Reader misalnya).

Lalu bagaimana cara menyembunyikan foto dan video WA dari galeri? Bagaimana pula semoga audio dan dokumen tidak muncul di aplikasi terkait?


Agar Foto Whatsapp Tidak Terlihat di Galeri Ponsel


Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah foto dan video WA muncul di galeri. Mulai dari mengecualikan folder WhatsApp dari pindaian galeri, hingga menambahkan file ".nomedia" secara manual pada folder di mana foto dan video WhatsApp berada.

Ribet ya kedengarannya. Santai sob, mulai versi 2.18.159 beta, aplikasi WhatsApp untuk Android sudah dilengkapi dengan fitur "Visibilitas media". Seperti namanya, fitur tersebut berkhasiat untuk mengatur visibilitas media (foto, video, audio, dan dokumen) yang kita terima melalui WA. Singkatnya, melalui fitur tersebut kita dapat menyembunyikan foto dan video WA kita.

Terus caranya bagaimana?


Cara Menyembunyikan Foto dan Video WhatsApp dari Galeri


Agar foto dan video WA yang kita terima tidak terlihat di galeri, termasuk audio dan dokumennya, silakan ikuti langkah gampang berikut.

  1. Perbarui aplikasi WhatsApp Android Anda ke versi paling gres (minimal versi 2.18.159 beta).

  2. UPDATE 04/06/2018: Pada pembaruan aplikasi WA versi 2.18.171, posisi fitur "Visibilitas media" dipindahkan ke hidangan 3 titik di kanan atas layar - Setelan - Chatting.

     foto dan video yang kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri pons Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri Android

  3. Gulir layar ke bawah dan hilangkan centang pada opsi "Tampilkan media di galeri" (Save media to gallery).

  4. Nah, sesudah itu foto, video, audio, dan dokumen yang masuk ke WA Anda tidak akan terlihat di galeri ponsel.


Loh, kok foto dan video WA saya masih terlihat di galeri? Begini sob, setelan di atas hanya berlaku untuk foto/video yang gres masuk ke WA kita, jadi masuk akal jikalau foto dan video usang masih nongkrong di galeri. Dengan kata lain, media yang kita terima sebelum centang "Tampilkan media galeri" dihilangkan akan tetap terlihat di galeri.

Apakah foto dan video usang WA tersebut tidak dapat dihilangkan dari galeri? Bisa dong, hapus saja semuanya nanti juga hilang. Bercanda sob 😃

Agar foto dan video usang tidak terlihat di galeri, kita dapat mengecualikan (exclude) folder "WhatsApp - Media" dari pengaturan galeri ponsel kita, caranya mungkin berbeda untuk tiap jenis aplikasi galeri Android (bisa juga melalui fitur "Sembunyikan folder" jikalau tersedia - dalam hal ini saya memakai QuickPic).

 foto dan video yang kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri pons Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri Android

Seperti yang sudah disinggung di atas, kita juga dapat menyembunyikan foto/video WA dari galeri memakai aplikasi file explorer (Solid Explorer misalnya). Cukup buat file gres di folder WhatsApp Images dengan nama ".nomedia". Lakukan hal sama pada folder-folder lain yang juga berisi media, menyerupai WhatsApp Video, WhatsApp Document, WhatsApp Audio, dsb.

UPDATE 23/06/2018: Bila sebelumnya kita hanya dapat mengatur visibilitas media untuk seluruh percakapan di WA, sekarang kita dapat menentukan menampilkan atau tidak menampilkan media dari chat tertentu, baik grup maupun pribadi.

Sebagai rujukan kita tidak ingin menampilkan foto dari grup WA tertentu di galeri ponsel (karena anggotanya sering kirim foto mantan atau laron), tapi di sisi lain kita tetap ingin foto dari grup atau chat lainnya tampil di galeri menyerupai biasanya, maka fitur ini akan sangat membantu.

 foto dan video yang kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri pons Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri Android

Caranya juga gampang sob, cukup masuk ke gosip grup atau kontak yang diinginkan, kemudian pilih "Visibilitas media". Di sana kita dapat menentukan "Default (Yes/No)" untuk memakai pengaturan bawaan yang berlaku untuk semua chat (seperti update 04/06/2018 di atas). Selain itu kita juga dapat menentukan "Yes" atau "No"untuk menampilkan atau tidak menampilkan media WA di galeri; khusus untuk grup atau kontak tersebut.

Oiya, cara tersebut hanya berlaku untuk foto atau video yang dikirimkan sesudah kita menerapkan pengaturan visibilitas media, jadi foto usang akan tetap muncul/tersembunyi sesuai dengan pengaturan bawaan yang sebelumnya telah kita terapkan. Selamat mencoba 😊
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post