Mengatasi Monitor Tidak Dapat Full Screen Pada Kartu Grafis Ati/Amd Radeon

FAST DOWNLOADads
Download
Ini sesungguhnya bukan duduk kasus baru, tapi berhubung aku gres ketemuan dengan duduk kasus ini, tak ada salahnya untuk diangkat kembali, siapa tahu dapat membantu teman yang mengalami duduk kasus serupa.

Begini kejadiannya sob, pada suatu ketika aku mencoba menghubungkan PC berbasis Windows 8.1 (berkartu grafis AMD Radeon) dengan monitor LED (beresolusi full HD 1920 x 1080) menggunakan kabel HDMI, dan ternyata gambar yang tampil di monitor tidak penuh (full screen) alias ada bab layar yang tidak terisi gambar (ada frame hitam di sekitar layar), padahal resolusi sudah diset ke 1920 x 1080. Ilustrasinya ibarat ini.

 tapi berhubung aku gres ketemuan dengan duduk kasus ini Mengatasi Monitor Tidak Bisa Full Screen pada Kartu Grafis ATI/AMD Radeon

Saya menduga ada yang salah dengan monitornya. Coba ubah setting monitor sana-sini, cek sambungan kabel, hidupmatikan monitor dan PC, akibatnya sama saja. Mungkin kabel HDMI-nya? Bisa jadi, alasannya sebelumnya monitor tersebut dapat full screen ketika menggunakan kabel VGA/d-sub. Ok, aku coba ganti kabel HDMI-nya, akibatnya masih sama, belum penuh gambarnya.

Berselancarlah aku ke internet untuk mencari solusinya. Ternyata ini bukan duduk kasus monitor, tapi PC-nyalah yang bermasalah, terutama pada bab settingan driver kartu grafis. Menurut artikel yang aku baca, duduk kasus ini terjadi pada hampir semua merek monitor (seperti Samsung, Asus, Acer atau LG) yang disambungkan dengan PC berkartu grafis ATI/AMD Radeon, melalui kabel HDMI dan DVI (VGA tak termasuk).

Untuk mengatasi duduk kasus monitor tidak dapat full screen pada PC dengan kartu grafis AMD Radeon, silakan ikuti langkah gampang berikut ini.

Klik kanan di Desktop, pilih AMD Catalyst Control Center. Bila belum ada, silakan download driver AMD Catalyst Control Center melalui situs resmi AMD.

 tapi berhubung aku gres ketemuan dengan duduk kasus ini Mengatasi Monitor Tidak Bisa Full Screen pada Kartu Grafis ATI/AMD Radeon


Di kolom sebelah kiri, buka tab My Digital Flat-Panels, kemudian pilih Scaling Options (Digital Flat-Panels).

 tapi berhubung aku gres ketemuan dengan duduk kasus ini Mengatasi Monitor Tidak Bisa Full Screen pada Kartu Grafis ATI/AMD Radeon


Perhatikan posisi slider pada kotak Scaling Options. Itulah masalahnya, secara default, driver AMD Catalyst mengatur skala output gambar pada monitor beresolusi 1920 x 1080 menjadi sekitar 5% Underscan (ada juga yang 10% atau lebih, tergantung monitornya).

Untuk memperoleh tampilan full screen, geser slider hingga mentok kanan ke skala 0% Overscan, kemudian klik Apply.

 tapi berhubung aku gres ketemuan dengan duduk kasus ini Mengatasi Monitor Tidak Bisa Full Screen pada Kartu Grafis ATI/AMD Radeon


Beres, sekarang monitor Anda dapat menampilkan gambar secara penuh alias full screen ibarat ini.

 tapi berhubung aku gres ketemuan dengan duduk kasus ini Mengatasi Monitor Tidak Bisa Full Screen pada Kartu Grafis ATI/AMD Radeon

Simpulannya, ini bukan duduk kasus monitor sob, jadi Anda tak perlu buru-buru klaim garansi atau beli monitor baru. Ok, biar bermanfaat :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post