Cara Gampang Mengambil Screenshot Pada Perangkat Android

FAST DOWNLOADads
Download
Ah, bukannya gampang ya ngambil screenshot Android? Iya, gampang bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob :D Untuk Anda yang sudah dekat dengan Android, mengambil gambar atau foto layar ponsel atau tablet Android bukanlah hal yang susah. Di sisi lain, bagi yang gres kenalan dengan Android, cara ambil screenshot dapat jadi sebuah misteri yang belum terpecahkan.

Sebelumnya, apa sih screenshot itu? Screenshot (disebut pula screen capture, snapshot) yakni gambar/foto yang diambil dari layar, dalam konteks ini layar perangkat Android.

Lalu apa gunanya mengambil screenshot? Kalau ini niscaya sudah pada tahu, pada umumnya screenshot diambil untuk sekedar dibagikan di media umum (dengan banyak sekali alasan tentunya). Selain itu, screenshot juga berkhasiat untuk mengabadikan momen tertentu yang dianggap penting (misalnya screenshot sisa pulsa :D).

Untuk para penulis atau blogger yang suka menulis tutorial mengenai gadget, aplikasi, sistem operasi, dsb. screenshot tentu menjadi media penjelas yang sifarnya wajib (karena gambar/foto seringkali lebih gampang dipahami daripada sekedar kata-kata).

Selanjutnya bagaimana cara mengambil screenshot pada perangkat Android? Ada banyak cara sob, tergantung dari versi Android dan brand perangkatnya. Silakan gunakan salah satu cara screenshot Android di bawah ini, jikalau cara pertama tidak berhasil, coba cara kedua dan seterusnya.


1. Semua Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke Atas


Ini yakni cara screenshot Android yang paling umum (untuk perangkat Nexus dan Android One). Cara ini umumnya berlaku (juga) untuk semua perangkat Android ICS, Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop (atau yang lebih gres lagi), termasuk smartphone Android dari Nokia (seperti Nokia X dan Nokia XL).

 gampang bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob  Cara Praktis Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

Tekan dan tahan tombol power dan volume down (-) secara bersamaan hingga terdengar bunyi kamera. Setelah itu akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa screenshot telah berhasil diambil, tap notifikasi tersebut untuk melihatnya. Anda juga dapat melihat hasil screenshot melalui aplikasi gallery atau file manager (biasanya tersimpan di folder 'Screenshots').


2. Samsung dan HTC


Berbeda dengan Android kebanyakan, perangkat Android Samsung biasanya mempunyai tombol home fisik. Hal tersebut ternyata juga menjadi pembeda untuk cara pengambilan screenshotnya. Untuk Anda pengguna ponsel atau tablet dari Samsung dengan Android 4.0 ke atas (juga beberapa Android HTC), silakan gunakan cara ini.

Tekan dan tahan tombol power dan home secara bersamaan hingga terdengar bunyi kamera. Selebihnya sama dengan cara pertama.

 gampang bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob  Cara Praktis Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

Untuk Android Samsung sebelum ICS (Gingerbread ke bawah), cara tersebut juga dapat digunakan. Bila tak berhasil, silakan coba tekan dan tahan tombol power dan back secara bersamaan, atau tekan dan tahan tombol tombol back kemudian tekan tombol home sebanyak dua kali.

Pada beberapa Android HTC, jikalau cara di atas tidak berhasil, silakan tekan dan tahan tombol power terlebih dahulu, kemudian gres tekan tombol home.


3. Sony Xperia dan CyanogenMod


Pada beberapa Android besutan Sony (terutama seri Xperia lama) dan juga perangkat Android yang memakai custom ROM CyanogenMod, cara screenshotnya dapat dikatakan lebih gampang daripada dua cara sebelumnya. Cukup tekan dan tahan tombol power untuk memuncukan power menu, kemudian pilih Take screenshot (Screenshot).

 gampang bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob  Cara Praktis Mengambil Screenshot pada Perangkat Android gampang bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob  Cara Praktis Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

Jika tidak ada pilihan Take screenshot, Anda dapat memakai cara pertama (kombinasi tombol power dan volume down) untuk mengambil screenshot pada Android Sony Xperia dan CyanogenMod.

_________

Apa? Tak satu pun cara screenshot di atas berhasil? Silakan dicoba kembali. Pastikan jari-jari Anda menekan tombol yang benar dan benar-benar bersamaan, sob :)

Masih belum berhasil? Bila Android Anda belum mempunyai akses root, silakan coba aplikasi No Root Screenshot It, atau Screenshot It untuk Android yang sudah diroot. Selamat mencoba :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post