Menyalin Teks Dari File Jpg, Png, Gif Atau Pdf Dengan Google Drive

FAST DOWNLOADads
Download
Ada kalanya ketika mencari tumpuan untuk keperluan tertentu (bikin makalah, skripsi, tesis, dsb.), kita menemukan dokumen dengan format yang kurang bersahabat. Misalnya saja dokumen hasil scan berformat JPG, PNG atau GIF, yang tentu saja teksnya tidak sanggup (langsung) disalin. Bisa juga kita ketemu dengan file PDF, yang ternyata diproteksi, tak sanggup dikopas isinya.

Ada kalanya ketika mencari tumpuan untuk keperluan tertentu  Menyalin Teks dari File JPG, PNG, GIF atau PDF dengan Google Drive

Solusi umumnya, kita sanggup mengetik ulang teks-teks yang dibutuhkan sebagai materi goresan pena kita. Untuk beberapa kalimat, mengetik ulang rasanya bukanlah masalah, namun bila kita wajib menyalin seluruh teks dari dokumen-dokumen yang tidak sanggup di-copy paste tadi (berlembar-lembar teks, beratus-ratus paragraf), sanggup keriting ini jari sob :D

Adakah solusi yang lebih baik dari mengetik ulang? Tentu saja ada. Pernah mendengar atau membaca ihwal OCR? Apa itu OCR? OCR yaitu abreviasi dari Optical Character Recognition. Singkatnya, kita sanggup memanfaatkan teknologi OCR untuk mengkonversi teks yang tertera pada gambar atau foto (juga PDF) menjadi teks yang sanggup disalin tempel dan diedit.

Di mana dan bagaimana kita sanggup memakai teknologi OCR? Seperti yang tercantum di judul, kita sanggup memakai teknologi OCR yang telah usang tertanam di Google Drive. Telah lama? Iya sob, sudah cukup usang teknologi OCR ini ada di Google Drive, tapi belum usang ini, Google telah meng-upgrade Google Drive dengan teknologi OCR terbaru yang sanggup menangani lebih dari 200 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Aceh, Sunda, Jawa, Madura, Bali, Batak, Gayo, dan Minangkabau.

Nah, bila Anda sedang meneliti bahasa misalnya, kemudian menemukan literatur dalam bahasa tempat atau bahasa abnormal yang kurang Anda mengerti dan kebetulan tidak sanggup diedit eksklusif (hasil scan), teknologi OCR dari Google Drive ini tentu sangat membantu dan sanggup diandalkan.

Lalu bagaimana cara menyalin teks dari gambar, foto dengan format JPG, PNG, GIF, atau dokumen PDF yang tidak sanggup dikopas? Lanjut bacanya sob.

Pertama, siapkan file gambar, foto, atau PDF yang mengandung teks (bisa dari hasil scan, kamera, atau nemu di internet). Pastikan teks di dalam file tersebut tidak sanggup disalin sob, jikalau ternyata bisa, tak perlu pakai OCR segala :D

Selanjutnya, upload file tersebut ke Google Drive. Dalam tutorial ini aku mengunggah file PNG hasil scan yang terdiri dari beberapa paragraf dalam bahasa Jawa.

Ada kalanya ketika mencari tumpuan untuk keperluan tertentu  Menyalin Teks dari File JPG, PNG, GIF atau PDF dengan Google Drive


Klik kanan file hasil unggahan di Google Drive tersebut, kemudian pilih Open with > Google Docs.



Tunggu beberapa saat, kemudian sebuah dokumen gres akan terbuka di Google Docs. Nah, di dokumen tersebut kita sanggup memperoleh teks hasil konversi dari file gambar PNG tadi.



Praktis sekali bukan? Bukaaan :D

Belum simpulan sob, silakan teliti terlebih dahulu teks hasil konversi tersebut, alasannya kemungkinan besar terdapat beberapa kesalahan yang harus dikoreksi.

Sip, sesudah itu kita sanggup mengedit teks sesuai keperluan di Google Docs (atau sanggup disalin tempel ke aplikasi lain, Office Word misalnya).

Sebagai tambahan, tidak semua file (terutama gambar atau foto) sanggup dikonversi teksnya dengan teknologi OCR dari Google Drive ini. Untuk mendapat hasil terbaik, file yang Anda unggah wajib memenuhi beberapa syarat berikut ini.

  • Gunakan file gambar atau foto yang berkualitas baik (dengan resolusi tinggi), file dengan resolusi rendah biasanya tidak terbaca oleh teknologi OCR.
  • Jangan memakai gambar atau foto dengan teks yang miring. Edit terlebih dahulu file Anda sebelum diunggah di Google Drive untuk keperluan OCR.
  • File gambar atau PDF di atas 2MB tidak sanggup dikonversi secara keseluruhan (ada bab yang tidak dikonversi). Kaprikornus pastikan file yang Anda unggah tidak lebih dari 2MB. Jika terpaksa lebih dari 2MB, bagi file tersebut menjadi beberapa bab sebelum diunggah.

Ok, selamat mencoba :)
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post